Selasa, 27 September 2011

Soal Mid Semester Ganjil 1112


Soal Mid Semester Kelas X

A.      Pilihlah satu jawaban yang Anda anggap paling benar !

1.       Ilmu pengetahuan berasal dari bahasa Yunani,  yaitu ….

A. Scientia                                   D. sains
B. Science                                    E. sistematisasi
C. to know

2.       Pengetahuan dari seorang nenek moyang tentang adanya jin penunggu dipohon beringin disebut pengetahuan ….

A. ordinary knowledge          D. pra-ilmiah
B. knowledge                            E. metode ilmiah
C. non-ilmiah

3.       Pengetahuan yang diolah dan disusun secara metodis, sistematis dan koheren  tentang suatu bidang tertentu dari kenyataan disebut ….

 A. ilmu                                         D. sains
B. ilmu pengetahuan              E. tehnologi
C. metode

4.       Pengetahuan disusun secara koheren, artinya ….
A. diperoleh dengan cara analisis refleksif dengan mencari hubungan antara konsep-konsep
B. menggunakan metode-metode tertentu
C. menggunakan langkah-langkah tertentu yang teratur dan terarah
D. merupakan rangkaian yang saling terkait dan berkesusaian
E. hanya dibatasi pada salah satu kenyataan

5.       Hasil penerapan sains dalam kehidupan sehari-hari disebut dengan….
A. biologi                                     D. penelitian
B. ketrampilan                           E. tehnologi
C. metode

6.       Suatu cara memecahkan masalah ilmiah dengan langkah-langkah tertentu yang sistematis dan teratur disebut ….
A. pengertian ilmiah               D. metode ilmiah
B. penelitian ilmiah                  E. langkah ilmiah
C. penelitian non ilmiah

7.       Prosedur stimuli dan respon memiliki ciri sistematis yang berarti ….

A. dapat diterima akal                            D. bersifat realistis
B. berdasarkan kenyataan                   E. melalui konsep tertentu
C. memiliki tata urutan tertentu



8.       Ada urutan langkah metode ilmiah sebagai berikut:
1. mengumpulkan data    2. eksperimen        3.kesimpulan    4. Hipotesis     5. masalah
Urutan metode ilmiah yang benar adalah ….
A. 1-2-3-4-5                                D. 4-2-3-1-5
B. 2-3-5-4-1                                 E. 4-1-2-4-3
C. 5-1-4-2-3

9.       Dibawah ini yang bukan merupakan cara-cara mengumpulkan data/ keterangan, adalah ….
A. keperpustakaan                  D. mengadakan pengamatan
B. membaca internet            E. merenung dalam kelas
C. mempelajari laporan

10.   Hal tersebut diatas dilakukan karena untuk ….

A. mencari masalah
B. memiliki sikap kritis
C. mencari tahu jawaban untuk masalahnya
D. mengangkat derajat golongan
E. mempraktekkan sesuatu yang diminati

11.   Ada hubungan gigitan nyamuk dengan penyakit malaria, pernyataan tersebut merupakan langkah dalam metode ilmiah yaitu ….
A. rumusan masalah               D. pengamatan (observasi)
B. data atau keterangan        E. kesimpulan
C. hipotesis

12.   Hipotesis harus dibuktikan dengan ….
A. mengumpulkan data                         D. melakukan eksperimen
B. mengajukan masalah                        E. menarik kesimpulan
C. mengadakan pengamatan

13.   Dibawah ini yang bukan merupakan sikap ilmiah adalah ….

A. bersikap terbuka                D. selalu ingin tahu
B. bersikap objektif                 E.memaksakan kehendak
C. teliti

14.   Metodologi berasal dari kata method dan logi, method mempunyai arti ….
A. ilmu                                          D. empiris
B. cara                                           E. fakta
C. akal





15. Mengukur suatu besaran dengan hasta dapat menimbulkan kekeliruan, karena ….
A. tidak setiap orang memiliki hasta
B. hasta orang satu berbeda panjangnya dengan hasta orang lain
C. panjang hasta berubah-ubah
D. ada orang yang kidal ada yang tidak
E. satuan hasta tidak berlaku umum



B.      Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar !

1. Apa yang dimaksud pengetahuan non ilmiah?, berikan contohnya !
2. Jelaskan yang dimaksud dengan metode ilmiah !
3. Apakah manfaat teknologi terhadap pengetahuan?
4. Berikan pengertian sistematik dalam konteks penelitian ilmiah !
5. Apabila percobaan sudah sampai pada kesimpulan, langkah apa yang perlu dikerjakan ?



Soal Mid Semester Kelas XI
A.      Pilihlah satu jawaban yang  paling benar !
1.       Bahan Beracun Berbahaya di lingkungan dapat berwujud ….
A. padat                                       D. cair
B. embun                                    E. padat, cair dan gas
C. gas

2.       Padatan dapat langsung terlihat mengendap jika air didiamkan, disebut ….
A. sedimen                                 D. terlarut
B. tersuspensi                           E. minyak dan lemak
C. koloid

3.       Selain berasal dari limbah industri, potensi limbah B3 juga dihasilkan di ….
A. limbah dapur                        D. limbah tempat sampah
B. limbah kamar mandi          E. limbah rumah tangga
C. limbah taman

4.       Bateray dan alat elektronik lainnya berpotensi menghasilkan limbah B3 dalam bentuk ….
A. padat                                       D. cair
B. embun                                    E. padat, cair dan gas
C. gas

5.       Lapisan minyak dan lemak terdapat pada ….. dari air.
A. lapisan paling bawah         D. lapisan tengah
B. melayang-layang                 E. lapisan paling atas
C. mengendap didasar wadah

6.       Bahan buangan yang tidak terpakai yang berdampak negative terhadap kehidupan mahluk hidup jika tidak dikelola dengan baik, adalah definisi dari ….
A. polusi                                       D. limbah
B. B3                                              E. pencemaran
C. sampah

7.       Dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker, adalah salah sifat B3 yaitu ….
A. mutagenic                             D. teratogenik
B. Arsenik                                    E. biogenic
C. karsinogenik

8.       Limbah B3 masuk kedalam tubuh kita melalui ….
A. kulit, mata, dan hati                           D. kulit, pernafasan, dan pencernaan
B. pernafasan, ginjal dan paru            E. pencernaan, pernafasan, dan ginjal
C. kulit, usus, dan hati

9.       perwarna textile, formalin, dan borax adalah bahan yang mengandung logam berat yang banyak terdapat dalam produk ….
A. makanan dan minuman                   D. makanan dan kosmetik
B. kosmetik dan minuman                   E. minuman dan kosmetik
C. makanan dan obat-obatan

10.   Produk dibawah ini yang tidak mengandung limbah B3 adalah …
A. styrofoam                                              D. spidol
B. tas kulit                                                   E. sayuran organic
C. buku paket



B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar !

1.       Apa yang dimaksud dengan limbah?
2.       Sebutkan sumber-sumber panghasil limbah dan limbah yang dihasilkan ?
3.       Jelaskan perbedaan sampah organik dan anorganik !
4.       Jelaskan mengapa oli bekas, baterai kering, semir sepatu dan pembersih kaca berbahaya ?
5.       Jelaskan efek pada tubuh manusia akibat terkontaminasi logam berat !
6.       Berilah 3 contoh masing-masing untuk limbah yang dapat dimanfaatkan dengan daur ulang dan tanpa daur ulang !
7.       Apa yang harus dilakukan terhadap bahan-bahan yang mengandung B3 ?



Soal Mid Semester Kelas XII
A.      Pilihlah satu jawaban yang  paling benar !
1.       Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik makhluk  hidup dan lingkungannya adalah…..
        A.  Ekosistem             B. Taksonomi         C. Genetika                D. Morpologi          E. Ekologi


2.       Berikut ini yang tidak memenuhi syarat sebagai  populasi adalah ....
A.      sekumpulan badak di Taman Nasional Ujung Kulon
B.      sekumpulan monyet ekor panjang di Cagar Alam Pangandaran
C.      serumpun rumput di lapangan bola
D.      sekumpulan manusia di Solo
E.       sekumpulan ikan beraneka jenis di kolam

3.       Sebidang sawah yang di atasnya terdapat tanaman padi berdasarkan konsep ekologi merupakan.....
        A. spesies                    B. individu               C. ekosistem              D. komunitas         E. populasi
        
4.       Seorang petani ternyata memperoleh hasil yang lebih bila menanami ladangnya tidak dengan satu jenis tanaman berturut-turut, tetapi dengan beberapa jenis tanaman secara bergantian.  Hal ini disebabkan ....
A.      demineralisasi dari tumbuhan yang terdahulu menyuburkan tumbuhan yang ditanam kemudian
B.      macam mineral yang diperlukan tiap jenis tumbuhan berbeda.
C.      kembalinya kesuburan tanah oleh tumbuhan yang ditanam kemudian.
D.      adanya penambahan mineral oleh tumbuhan yang ditanam kemudian.
E.       adanya perubahan susunan mineral tanah oleh tumbuhan yang ditanam kemudian.

5.       Perbedaan antara komunitas dengan ekosistem adalah ....
A.      komunitas adalah merupakan tempat dari ekosistem, sedangkan ekosistem dari organisme yang menempatinya.
B.      komunitas adalah merupakan kumpulan dari berbagai spesies, sedangkan ekosistem adalah merupakan kumpulan satu spesies.
C.      komunitas adalah terdiri dari kumpulan spesies yang sama, sedang ekosistem adalah terdiri dari berbagai spesies.
D.      komunitas merupakan lingkungan  biotiknya, sedangkan ekosistem adalah  merupakan komunitas bersama dengan lingkungan  abiotiknya.
E.       ekosistem adalah merupakan tempat  komunitas dan komunitas adalah  sejenis organisme yang menempatinya.
  
6.       Cara memanen kedele yang paling baik dari sisi ekologi adalah dengan cara memangkas batangnya, sebab…
A.      memudahkan pekerjaan.
B.      tidak membutuhkan banyak energi.
C.      kedele lebih bersih.
D.      bagian akar tanaman kedele bermanfaat untuk menyuburkan tanah.
E.       bobot hasil panen lebih ringan.            

7.       Hutan adalah salah satu kekayaan alam yang harus dijaga kelestariannya. Fungsi hutan adalah .........
A.      menyimpan air, mencegah erosi, mendatangkan hujan.
B.      menyimpan air, menyuburkan tanah, mendatangkan hujan.
C.      menyimpan air, mengatur iklim, mencegah erosi.
D.      menyuburkan tanah, mencegah erosi, mendatangkan hujan.
E.       menyuburkan tanah, mengatur iklim,mencegah erosi.

8.       Pernyataan berikut ini yang benar mengenai komunitas di sawah adalah  ....
A.      ada interaksi antara tumbuhan padi dengan air hujan.
B.      ada interaksi antara populasi padi dan belalang.
C.      hanya tersusun dari tanah, air, udara, dan cahaya.
D.      tidak terjadi interaksi antarpopulasi organisme di sawah
E.       hanya tersusun atas tumbuhan padi beserta air

9.       Hewan yang cocok untuk hidup di padang rumput adalah yang memiliki sifat....
A.      tahan terhadap perubahan suhu yang tinggi dan tahan kekurangan air.
B.      jenis makanannya hanya rumput.
C.      tahan terhadap kelembaban yang tinggi.
D.      tahan terhadap kekurangan protein hewan.
E.       memiliki bulu yang tebal.

10.   Tanaman kacang-kacangan dianjurkan untuk dikembangkan di dalam areal pertanian karena.......
A.      meningkatkan kandungan zat lemas dalam tanah.
B.      meningkatkan kadar nitragen dalam tanah.
C.      berperan sebagai tanaman peneduh.
D.      berakar dalam sebagai penahan erosi.
E.       sebagai makanan yang bergizi.

11.   Air, oksigen, suhu dan cahaya adalah faktor-faktor yang mempengaruhi .....
A.      perbaikan tubuh yang rusak        
B.      kemunduran proses degenerasi        
C.      perkembangan tanaman untuk menghasilkan organ vegetatif
D.      proses perkecambahan
E.       pergantian bagian tanaman yang hilang

12.   Beberapa faktor yang tidak mempengaruhi produktifitas habitat laut dangkal yaitu ….
A.      populasi fitoplankton yang paling besar   
B.      keadaan airnya lebih dinamis       
C.      daerah yang masih dapat ditembus sinar matahari
D.      banyak mengandung mineral
E.       tempat hidup ikan besar.

13.   Pada musim dingin hewan melakukan tidur panjang (hibernasi) karena  ....
A.      waktu yang tepat untuk bereproduksi
B.      metabolisme tubuh hewan menjadi lebih aktif
C.      makanan melimpah
D.      butuh untuk menyimpan energi
E.       suhu tubuhnya meningkat

14.   Ganggang merupakan organisme fotosintetik. Ganggang hidup di...
A.      1. dasar danau terdalam                               D. dalam tubuh ikan
B.      2. zona afotik                                                     E. dasar zona limnetik
C.      permukaan danau




15.   Ciri bagian hilir sungai adalah ....
A.      airnya berarus deras
B.      dangkal
C.      kaya oksigen
D.      airnya lebih dingin dibandingkan di bagian hulu
E.       produktivitasnya lebih tinggi dibandingkan bagian hulu

B.      Jawab pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1.       Mengapa mempelajari ekologi menjadi penting?
2.       Komponen biotik apakah yang paling kuat pengaruhnya dalam suatu ekosistem ?
3.       Komponen biotik apakah yang berfungsi sebagai pembersih (biocleaner) ?
4.       Meskipun terdapat oksigen yang cukup, mengapa  sulit menemukan ganggang di hulu sungai ?
5.       Faktor apa yang paling berperan dalam menentukan karakter ekosistem pantai ?

1 komentar:

  1. Soal-soalnya membantu sekali, mas, tapi ada jawabannya ga?

    BalasHapus